Arbitrase

Arbitrase merupakan cara penyelesaian sengketa perdata di luar peradilan umum antara para pihak yang bersengketa yang didasarkan pada Perjanjian Arbitrase. Dalam Arbitrase, para pihak memberikan kewenangan kepada Arbiter (Majelis Arbitrase) untuk memberikan putusan atas sengketa pada tingkat pertama dan terakhir. Dapat dikatakan bahwa Arbitrase adalah pengadilan swasta.

Arbitrase BAKTI hanya dapat dilaksanakan apabila Para Pihak telah terkait oleh Perjanjian Arbitrase. Yang dimaksud dengan ”Perjanjian Arbitrase” adalah:

  1. suatu kesepakatan berupa klausula Arbitrase yang tercantum dalam sautu perjanjian tertulis yang dibuat oleh Para Pihak sebelum timbul sengketa; atau

  2. suatu perjanjian arbitrase tersendiri yang dibuat oleh Para Pihak setelah timbul sengketa.

Keberadaan Perjanjian Arbitrase meniadakan hak para pihak untuk mengajukan sengketa kepada pengadilan, dan pengadilan pun tidak berwenang untuk mengadili sengketa para pihak yang telah terikat dengan Perjanjian Arbitrase.

BAKTI menyarankan kepada para pihak dan/ atau pelaku pasar untuk menuangkan kalusula Arbitrase pada saat membuat perjanjian sebelum munculnya persengketaan, atau membuat adendum/ amandemen jika perjanjian belum memuatnya sebelum munculnya persengketaan, dengan standar klausula sebagai berikut:

”Setiap sengketa yang timbul dari dan/ atau sehubungan dengan Perjanjian ini dan/ atau pelaksanaan Perjanjian ini, baik mengenai cidera janji maupun perbuatan melawan hukum, termasuk mengenai pengakhiran dan/ atau keabsahan perjanjian ini, akan diselesaikan dan diputus melalui Arbitrase pada Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi (BAKTI) di Jakarta, dalam suatu Majelis Arbitrase yang beranggotakan 3 (tiga) Arbiter, berdasarkan Peraturan-peraturan BAKTI, dan Putusan Arbitrase tersebut bersifat final dan mengikat.”.

Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi d/a PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)
Graha Mandiri Lantai 3
Jl. Imam Bonjol Nomor 61
Jakarta Pusat 10340

T: +62 21 39837415
F: +62 21 39833715
e-mail: sekretariat@bakti-arb.org