Berita
Anggota Baru BAKTI.

Rapat Umum Anggota Luar Biasa (RUALB) ke-2 BAKTI yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 10 September 2015 telah memutuskan menerima masuknya PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) dan PT Indonesia Clearing House (ICH) sebagai Anggota BAKTI yang baru, efektif terhitung sejak ditutupnya Rapat tersebut. Beberapa bulan sebelumnya, RUALB ke-1 BAKTI yang diselenggarakan tanggal 26 Juni 2015 telah memutuskan menyetujui pengunduran diri Ikatan Perusahaan Pedagang Berjangka Indonesia (IP2BI) dan Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia (APBI) dari keanggotaan BAKTI atas permintaan IP2BI dan APBI karena pembubaran organisasi. Dengan demikian berdasarkan RUALB ke-1 dan RUALB ke-2, maka Anggota BAKTI menjadi berjumlah 4 (empat) institusi, yakni PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) (KBI), PT BKDI dan PT ICH.

 

 

Pendirian BAKTI

Hari ini Jumat, tanggal 7 November 2008 bertempat di Auditorium Utama Departemen Perdagangan, telah dilangsungkan penandatanganan akta pendirian Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi (BAKTI) oleh PT. Bursa Berjangka Jakarta, PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia, dan Ikatan Perusahaan Pedagang Berjangka Indonesia, yang disaksikan oleh Ibu Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, Dewan Kehormatan BAKTI, Pengurus BAKTI, beberapa Pejabat Departemen Perdagangan, serta dihadiri juga sekitar 50 orang wartawan media cetak dan elektronis. Kegiatan ini dilangsungkan bersamaan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bappebti dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan BAPPEBTI terkait dengan pengawasan money laundering.

 

 

Deklarasi BAKTI

Hari ini selasa tanggal 21 April 2009, berlangsung penandatanganan deklarasi penggunaan Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi (BAKTI) oleh PT. Bursa Berjangka Jakarta, PT. Kliring Berjangka Indonesia, Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia, dan Ikatan Perusahaan Pedagang Berjangka Indonesia untuk menyelesaikan Perselisihan Perdata di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi, yang disaksikan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Departemen Perdagangan. Deklarasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmenpara pelaku yang terlibat dalam Perdagangan Berjangka di Indonesia untuk menyelesaikan perselisihan perdata secara cepat, biaya ringan, independen, transparan dan efisien di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi. Komitmen ini diharapkan dapat menumbuhkan keyakinan dunia usaha dan investor untuk memanfaatkan Perdagangan Berjangka Komoditi sebagai sarana lindung nilai (hedging) dan investasi.

 

 

Orientasi Arbiter

Pada hari Sabtu dan Minggu 17 - 18 Januari 2009 Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi ("BAKTI"), menyelenggarakan acara Pembekalan / Orientasi Calon Arbiter BAKTI yang bertempat di Hotel Novotel Bogor Jawa Barat. Menjadi Pembicara Kunci pertama (keynote speaker) adalah Kepala Bappebti Bapak Deddy Saleh yang sekaligus membuka acara ini. Dilanjutkan oleh Mantan Ketua Mahkamah Agung, Republik Indonesia Bapak Bagir Manan sebagai pembicara kunci kedua yang menyampaikan pentingnya alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan (Alternative Disputes Resolution). Acara pembekalan dilanjutkan dengan pemberian materi berkenaan dengan Perdagangan Berjangka Komoditi yang disampaikan oleh para ahli di bidang Perdagangan Berjangka. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai alternatif penyelesaian sengketa yang juga yang disampakan oleh ahli di bidangnya. Acara Pembekalan/Orientasi Arbiter ini di akhiri dengan penyerahan Surat Keputusan Ketua BAKTI tentang pengangkatan Arbiter BAKTI

 

 

Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi d/a PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero)
Graha Mandiri Lantai 3
Jl. Imam Bonjol Nomor 61
Jakarta Pusat 10340

T: +62 21 39837415
F: +62 21 39833715
e-mail: sekretariat@bakti-arb.org